Sabtu, 26 Maret 2016

               Keragaman Suku Bangsa di Indonesia

      Diperkirakan ada 300-500 suku bangsa yang ada di indonesia dan terbesar di berbagai daerah.suku-suku bangsa tersebut ada yang jumlah populasinya banyak dan ada pula yang jumlah populasinya sedikit.keberadaan suatu suku bangsa bahkan menjadi ciri khas suatu daerah ...

   *Cara menghormati keragaman suku bangsa

       Bangsa kita terdiri dari bermacam-macam suku bangsa.keragaman suku bangsa ini merupakan kekayaan bagi bangsa kita.kita harus mengembangkan sikap menghormati sikap suku-suku bangsa lain dan kebudayaan yg berbeda dengan kebudayaan kita.kita tidak boleh hanya membanggakan suku bangsa kita sendiri dan merendahkan suku bangsa lain kalu kita tidak menghormati keanekaan keragaman suku bangsa tidak akan tercipta kedamaian dalam hidup bersama.

  Untuk,kita bisa mengembangkan sikap berikut ini :

*Menerima suku-suku bangsa lain dalam pergaulan sehari-hari

*Menambah pengetahuan kita tentang suku-suku lain

*Tidak menghina,dan merendahkan suku-suku bangsa lain

     Ingatlah bahwa semboyan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika. semboyan tersebut mengisyaratkan adanya saling menghormati antar suku bangsa.tidak adanya saling menghormati antar suku bangsa akan menimbulkan konflik.

Ada keanekaragaman budaya di indonesia

     Keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa kita.kebudayaan-kebudayaan daerah merupakan modal utama untuk mengembangkan kebudayaan nasional.kebudayaan nasional adalah puncak-puncak kebudayaan daerah yang ada di wilayah indonesia.kebudayaan daerah yang dapat menjadi kebudayaan nasional harus memenuhi syarat-syarat.seperti :

*Menunjukkan ciri atau identitas bangsa;

*Berkualitas tinggi sehingga dapat di terima oleh seluruh bangsa indonesia;

*Pantas dan tepat di angkat sebagai budaya nasional.

    Sebagai warga negara indonesia kita seharusnya bangga dengan adanya keanekaragaman kebudayaan.bremacam-macam bentuk kebudayaan itu merupakan warisan yang tak ternilai harganya.kita harus menghormati keanekaragaman budaya.dan juga harus melestarikan dan mengembangkan berbagai bentuk warisan budaya yang ada sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar